Rabu, 20 Februari 2013

Virtual Machine

Virtual Machine atau mesin virtual pada mulanya didefinisikan oleh Gerard J. Popek dan Robert P. Goldberg pada tahun 1974 sebagai sebuah duplikat yang efisien dan terisolasi dari suatu mesin asli.

Yang akan dibahas kali ini adalah mesin virtual yang berupa software dan diaplikasikan pada komputer. Secara umum terdapat dua jenis virtual machine yang dimaksud, yaitu:

  1. Virtual machine aplikasi, adalah jenis virtual machine yang dapat menjalankan aplikasi di atas sistem operasi. Biasanya sering disebut sebagai middleware karena bekerja diantara sistem operasi dan aplikasi komputer. Contoh dari virtual machine ini adalah Java Virtual Machine dan Common Language Runtime.
  2. Virtual machine sistem operasi, adalah jenis virtual machine yang dapat menciptakan lingkungan sistem komputer atau sering disebut sebagai komputer virtual agar dapat menjalankan sistem operasi yang lain. Virtual machine ini sering disebut sebagai emulator, karena mengemulasi sistem operasi menjadi sebuah mesin virtual. Contoh dari virtual mesin ini adalah VirtualBox, Parallels, QEMU, VMWare Workstation dan Microsoft Virtual PC.

Virtual machine sistem operasi sering digunakan dalam pembelajaran komputer, contohnya dengan virtual machine kita bisa membuat sebuah simulasi jaringan dengan satu komputer saja.
Virtual machine yang saya gunakan adalah VMWare Workstation 7.0.0 (Windows/Linux)






Untuk yang basic, virtual machine ini free. Instalasinya cukup mudah dan tidak butuh waktu yang lama. Berikut adalah langkah-langkah dalam proses instalasi: 

1. Buka folder master dari installer VMWare Workstation 7.0.0. Open file installer-nya




2. Ketika muncul tampilan berikut, klik next saja.


3. Proses instalasi berlangsung


4. Pada form Registration Information, isikan username, company dan serial number. Untuk serial number,   coba buka kembali folder installer, buka file bernama Serial Number, lalu copy code yang ada dan paste di kolom serial number pada form Registration Information tersebut







 setelah form terisi semua, klik enter. dan tunggu hingga instalasi berakhir. 

5. Ok, proses instalasi berjalan sukses. Terakhir, anda akan diminta untuk me-restart komputer.
6. Setelah komputer di restart, VMware sudah dapat dioperasikan. Pada awal pengoperasian akan muncul tampilan Master End User License Agreement. Pilih Yes, lalu klik OK. 


Berikut adalah tampilan awal VMWare Workstation 7.0.0, masih belum ada sistem operasi yang terinstal di dalamnya.


InsyaAllah pada posting selanjutnya akan dibahas mengenai cara-cara menginstal sistem operasi virtual yang diinginkan. :)


-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sumber: 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar